Social Icons

Pages

Sabtu, 08 September 2012

Untung dan Rugi Belanja Online

   Belanja online memang dianggap mudah bagi sebagian orang, terutama bagi orang yang memiliki kesibukan yang padat. Belanja online memang mudah, cepat dan praktis, anda bisa memilih barang apapun yang anda suka tanpa repot-repot datang ke toko yang menjual barang yang anda cari. Kemajuan teknologi memang memudahkan setiap orang bertransaksi tanpa harus bertatap muka dengan si penjual. Namun pastinya belanja online ini memiliki keuntungan dan kerugian yang harus di tanggung oleh pembeli. Maka apabila anda tertarik dengan sesuatu barang yang dijual online maka anda harus menelusurinya terlebih dahulu. Mulailah dengan menelusuri kontak dari toko online tersebut, anda bisa mengecek no handphone, alamat email, atau kontak yang lainnya.Belanja online rentan dengan kejahatan, yang paling sering contohnya modus penipuan, pada modus ini biasanya pelaku meminta transfer uang ke rekening pelaku atas barang yang dibeli. Pada kasus ini biasanya pembeli tergiur dengan harga murah tanpa memikir secara logis.
   Biasanya toko online yang nakal tidak mencantumkan alamat kontak mereka secara jelas. Kemudian cek juga harga barang dengan membandingkan harga barang dengan toko yang lain, biasanya barang yang harganya terlalu miring atau  terlalu murah dibanding dengan harga pasaran anda perlu mencurigainya, biasanya toko online nakal menawarkan barang yang murah tidak masuk akal, sodoran harga murah biasanya jebakan toko untuk mengelabui pembeli.
   Selain itu umumnya setiap toko online yang kompeten memiliki kebijakan aturan saat bertransaksi. Anda harus perhatikan secara teliti maksud dan isi kebijakan transaksi tersebut, tanyakan juga apabila barang diterima dengan keadaan cacat bagaimana kebijakan dari toko tersebut. Anda juga harus berhati-hati bila dimintai data pribadi seperti nomor KTP, SIM, kartu kredit, ATM, ataupun nomor HP karena bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
   Dalam transaksi sebuah barang biasanya toko menawarkan cara pembayaran, seperti pembayaran lewat kartu kredit ataupun lewat paypal atau pembayaran secara transfer lewat suatu bank.
   Belanja online memang banyak membantu banyak orang dalam membeli sebuah barang, namun lewat belanja online banyak juga kasus-kasus penipuan yang merugikan pembeli. Namun bila anda berhati-hati dalam bertransaksi dan memperhatikan kaidah dalam transaksi secara online, maka anda bisa terhindar dari penipuan secara online.

0 komentar:

Posting Komentar