Social Icons

Pages

Jumat, 07 September 2012

Internet Sehat Pada Anak

Internet bukanlah barang asing lagi dikalangan anak-anak diera globalisasi seperti saat ini. Internet merupakan kebutuhan pada anak-anak dijaman sekarang, misal saja digunakan untuk mencari tugas sekolah, bermain game online, sarana edukasi bagi anak dll. Tetapi dibalik fungsi internet bagi perkembangan pertumbuh pada anak terdapat banyak akibat buruk pada anak apabila bermain internet tanpa bimbingan dari orang dewasa dalam penggunaanya.
      Internet sangat berguna bagi tumbuh kembang anak, karena melalui internet anak akan tahu banyal hal yang belum mereka temui sebelumnya. Mereka dapat mencari apapun yang mereka ingin tahu dengan search engine, contohnya melalui google, yahoo dll. Tetapi apabila anak-anak membuka situs tanpa portal atau pengawasan dari orang tua akan mengakibatkan dampak buruk bagi pertumbuhan anak. Contohnya saja yang paling sering anak membuka situs khusus dewasa, yang seharusnya belum mereka dapatkan saat itu, ataupun berkenalan dengan orang baru melalui jejaring sosial yang belum jelas asal-usulnya. Biasanya anak-anak yang sudah terjerumus dalam keadaan tersebut, anak menjadi kecanduan bermain internet. Anak menjadi malas beraktifitas, sulit belajar dan sulit menerima pelajaran. Anak-anak dalam usia ini perlu didampingi saat mereka online. Duduk di sebelahnya untuk memperhatikan aktivitas mereka. Pastikan anak tidak mengobral informasi personal seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, atau password kepada kenalan online mereka.
    Kalau sudah terjadi hal seperti itu yang harus berperan aktif adalah orang tua, orangtua harus membimbing anak-anaknya menggunakan internet yang sehat. Mereka harus diperingatkan dan dikasih batasan dalam melakukan internet, seperti saja dilarang membuka situs dewasa, ataupun jangan percaya kepada orang yang baru dikenal melalui jejaring social. Ataupun ada cara yang cukup efektif adalah memberi portal pada sambungan internet yang ada di rumah, memblokir situs-situs yang sekiranya dapat merusak mental anak-anak. 
  Dengan terwujudya internet sehat maka anak-anakpun dapat menikmati fasilitas internet dengan nyaman, orangtuapun tidak takut lagi akan rusaknya mental anak gara-gara melakukan internet yang tidak sehat. Internet sangatlah penting bagi kehidupan manusia, tapi jika penggunaanya tidak tepat sasaran maka dampak negatif dari internet akan muncul pada diri manusia, terutama dalam perkembangan mental anak-anak.

0 komentar:

Posting Komentar