Social Icons

Pages

Rabu, 28 November 2012

Membongkar,memberantas,dan mencegah virus komputer


 Pengertian virus komputer

Virus adalah suatu program yang berbahaya dan dapat merugikan setiap pemakai komputer, baik untuk tingkat dasar maupun tingkat lanjutan. Walaupun demikian bahayanya, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari virus tersebut apabila kita melakukan antisipasi dan pengamanan yang maksimal. Namun, karena kecanggihan  setiap hacker, tidak tertutup kemungkinan bahwa virus rekayasanya mampu mengibuli pengamanan tersebut. Oleh karena itulah, perlu diketahui prinsi-prinsip dasar tentang virus komputer.

Sejarah virus kompter

Berdasarkan definisi, virus komputer adalah suatu program yang dapat menyebarkan diri. Sebenarnya virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949, salah seorang pencipta komputer, John Von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan pada suatu makalahnya yang berjudul “ Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalahnya ini dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya.
Perkembangan virus komputer selanjutnya terjadi di AT & R Bell laborary, salah satu laboratorium komputer terbesar didunia yang telah menghasilkan erbagai karya seperti bahasa c dan c++. Di laboratorium sekitar tahun 60-an, setiap waktu istirahat para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapt memusnahkan program lawan. Program ini bila diserang oleh lawan mempunyai kemampuan membetulkan dirinya dan balik menyerang kedudukan lawan. Selain itu, porgram permainan dapat memperbanyak dirinya secara otomatis. Perang program ini disebut “Core Ware” , yaitu pemenangnya pemilik program sisa terbanyak dalam selang waktu tertentu.  Karena sadar akan bahaya program tersebut, terutama bila bocor keluar laboratorium terebut maka setiap selesai permainan, program tersebut selalu dimusnahkan.
Pada tahun 70 an, perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang digunakan untuk membantu kelancaran kerja. Struktural programnya menyerupai program virus, namun program ini digunakan untuk mengerjakan tugas tertentu.

Virus komputer secara pemrograman

Pada pembahasan ini akan dibagi dalam dua bagian besar, yaitu akan ditinjau pemrograman untuk virus boot sector dan pemrograman untuk virus file. Pada pemrograman virus boot sector dicontohkan dengan pemrograman pada virus michaelangelo. Sedangkan virus file, akan digunakan virus Mozzart, yakni untuk penjelasan virus file COM dan virus jerusalem-B untuk penjelasan virus .EXE

Pemrograman pada virus boot sector

Dalam pemrograman virus boot sector terdapat tiga bagian utama program, yaitu :
1       .       Bagian untuk membangkitkan virus ke memory;
2       .       Bagian untuk menyebarkan virus;
3       .       Bagian untuk melakukan aksi virus;
Seteah proses ini, virus akan mengembalikan program kendali ke program yang memanggil interupt 13 heksa. Virus yang dibahas ini merupakan suatu virus yang sangat sederhana namun ganas.

Pemrograman pada virus file

Pada file terdapat beberapa cara penyebaaran virus, salah satu perbedaan yang paling menyolok adalah virus yang residen dan yang tidak. Apabila virus tersebut residen, masih terdapat perbedaan cara residennya, apakah menggunakan interupt atau MCB. Terdapat juga perbedaan besar dalam penularan file, COM, dan .EXE yang diketahui pada file .EXE akan jauh lebih susah.

Membasmi virus komputer

Banyak cara dilakukan untuk membasmi virus komputer, dari cara sederhana tanpa program, seperti menggunakan utility DEBUG.COM, hingga menggunakanprogram-program rumit.

Membasmi virus menggunakan utility

Norton utilities merupakan utility yang dikeluarkan oleh symantec corporation. Dipilihnya norton sebagai utility karena memiliki kelebihan dalam operasi disk, dibanding dengan utility lain. Dengan norton utility virus yang dapat dimusnahkan terbatas pada virus boot sector dan tabel partisi. Virus-virus file tidak dapat dimusnahkan oleh utility ini, karena utility ini tidak mempunyai fasilitas untuk menjalankan suatu instruksi mesin seperti yang dilakukan DEBUG.COM. Namun virus file yang menyerang file .EXE  dapat dinetralisasikan sehingga virus ini tidak menulardan aktif di memory.  

Penularan pada file.COM

File .COM merupakan suatu file yang menpunyai cara penyimpanan sama dengan file data acak sebagaimana layaknya file data biasa yang tidak mempunyai daftar atau extensi. Dari permulaan hinga akhir file merupakan data dalam bahasa mesin yang dapat berpengaruh ke dalam komputer. Oleh karena itu file.COM mudah dimasuki suatu program virus.

Penularan pada file.EXE

Pada file.EXE terdapat suatu extensi atau daftar pada penularan file yang berisi keterangan dari file tersebut. Oleh sebab itu, untuk menulari setelah proses ini virus akan mengembalikan kendali ke pemrograman 13 heksa.


Dikutip dari buku : Membongkar, memberantas, dan mencegah virus komputer
                                        Oleh Ediman Lukito (12193152)
Tahun cetak             : 1993 PT. Elek Media Komputindo, kelompok Gramedia Anggota IKAPI Jakarta
                                                                                                                                                                        
                                               
                                               

                                 

0 komentar:

Posting Komentar